Tapasudana

Balinese actor, giving workshop theatre Tribuana, live in Montreuil now, in France since 1974; Contact Skype: tapasudana

My Photo
Name:

Actor from Bali, Indonesia live in France since 1974, born in Bali 1945, contact: tapasudana45@gmail.com ; Créateur Serviteur émetteur de http://theatretribuana.blogspot.com/2008/05/eveiller-et-cultiver-lexpression-des.html

Monday, May 01, 2017

Merenung-tenung ke ADAan di diri

Merenung, merefleksi keADA an didiri manusia, merenung ke ADAan, kenyataan di sebuah negara, menyadarkan diri akan unsur unsur yang ber"asimilasi", ber inter aksi, bekerja sama, saling melengkap, saling membantu juga saling menentang, saling membunuh, saling menghidup. Dualisme yang bertentangan, juga saling melengkapi, sebaiknya di pandang dan diolah dengan kebijaksanaan, ibarat dua lengan, dua tangan, dua kaki, dua bagian kiri, hingga sadar akan penguasa tertinggi: OTAK KIRI dan OTAK KANAN, bersymphony, dipanggung kehidupan micro dan macro cosmos, sandiwara dimata terbuka, dan sandiwara mata tertutup, merenung, dalam hening bathin, menjernih sukma, menjernih menghening cipta;

Apa yang kita masukkan lewat lima alat penginderaan, pintu keluar masuk data luar kedalam dan cernaan dalam keluar, adalah sang pengolah CITTA (yang maha gaib ada tiadanya) menghadir-nyata ciptaannya dibumi. ah Nyata sejauh panca indera bisa meraihnya.

Sang panca indera menderita dan menikmat lintasan informasi, pemasukan/pengeluaran data/expressi.
Untuk membaca kejadian didiri, kita perlu melihat apa yang telah ditemukan mahadulu oleh para pengolah ke TAOan di Cina, hubungan antara emosi dan organ alat pencernaan, dan hubungannya dengan lain lain didiri dan kejadian semesta. Berdasar 5 unsur, 5 kelompok emosi (yin-yang), 5 kelompok ..... , hubungan antar kelompok, ....


Bagaimana membaca jaringan segilima ini?
Didalam jaringan kelompok (unsur, element) lima bagian, bagian = part= party= partai yang berbagi, ilmu TAO dari Cina, 3000 tahun yang lalu telah menemukan satu pandangan, pengertian, cara melihat data kehidupan, alam semesta dan data didiri.
Mari membaca penglihatan yang terdaftar di gambar diatas. Syarat membaca: tidak saja untuk mengerti secara mengaris/linier, tetapi juga meng-associatip/mengkaitkan denganpandangan luas secara inter-nets, saling hubng menghubngi, tanpa kesusu untukmengerti dan mengambil kesimpulan disatu titik pandang. Selama dunia berputar, itulah penyebab kehidupan, maka titikpandangan harus selalu berkembang, berubah, berputar.
Maka sangat berbahaya mengkultus satu pandangan yang fanatik. Cegah dan hindari menutup diri dan tidak menyelaras dengan lingkungan. MAnusia telah mencipta teknologi, ilmu pengetahuan rasionil, tetapi disamping itu ada juga ciptaannya : agama, yang bisa menjerumuskan manusia di kepercayaan, keyakinan tanpa logika. Nah dua hal ini memang tak bisa bersepakat bersama, tapi dua unsur ini adalah alat terbadan di manusia, homo sapiens, mahluk mengerti.
Aneka ciptaan yang tumbuh dibumi, dari tetumbuhan , manusia, hewan, manusialah yang mempunyai kemampuan menCIPTA, dengan alat-alat teknologi yang diciptakannya. 
Hidup manusia dan kehidpan pada umumnya adalah berKELOMPOK, kecenderungan alami. Adalah kelompok suku, bahasa, budaya, poitik, negara, agama, inteligensi berbagai ilmu. Dalam keragaman kelompok di satu negara, Indonesialah yang pling kaya, yang paling banyak memiliki keragaman, diwarisi oleh data unsur negara: lebih dari 250 milliun penduduknya, 700 bahasa , lebih dari 15000 pulau, ..... 
Keragaman kelumpok/unsur di sebuah negara, keragaman, unsur, organ di badan manusia.
1: alat mencerna data: otak
2: alat menyerap data: panca indera
3: alat mencerna mengloah materi menjadi energy, orang pencernaan, yang bisa dilihat dalam 5 kelompok/golongan/unsur.
4: alat maraih benda: dua tangan
5: alat/anggota untuk berpindah tempat: 2 kaki.
Mari membaca hubungan antar organ pencernaan, yang nanti dengan bantuan daftar diatas, 5 taoist elements, bisa dikaitkan secara realis, puisits co-relasinya.
Hubungan dibaca melingkar, arah jarum jam, pembacaan turunan generasi, mewaris warisan leluhur penciptanya: Unsur Api melahirkan/mencipta >Bumi, Bumi melahirkan/mengandung logam/metal, logam/yang membeku bisa mencair, metal ncair mengalir =unsur air, air menumbuh Kayu, kayu menjadi Api, dst.  Membaca diagram diatas dengan mengkaitkan diagram dibawah, lihat 5 Taoist elements, maka kita bisa menggunakan itu untuk melihat 5 kelompok/pasangan organ pencernaan, masing masing dari kelima berwatak biner, mendua, yin dan yang: Api, Jangunt, usus kecil, ...dst. lihat daftar mengkolom, 5 kolom.
Hubungan 5 organ dibaca dari segi "pengontrol", pengendali: api dikontrol/dikalahkan oleh air, air diserap bumi, bumi ditumbuhi kayu/pohon, kayu dibakar api, api dipadamkan oleh air, dst.

Bila dibaca daftar dibawah ini, maka setiap organ mempunyai waktu 2 jam, kulminasi (memuncak) energy nya, dan 2 jam melemah energynya.
Sadar akan perputaran semua unsur yang ada dibumi, sadar akan peredaran darah yang tak henti hentinya, maka "pemusik" dibadan: Jantung pemompa darah yang berdenyut tak henti-hentinya selama hidup, jantung penggetar ritme, the beat of life musik, sekitar 60 per detik? 






Bagaimana melihat manusia menurut pandangan TriBhuwana? Pandangan tiga dunia dibadan manusia:
1: dunia kepala, otak, computer, internet of mind.
2: dunia pencernak makanan, pengolah bayu-hidup rumah pabrik tuan Einstein, E=cMv2 ....,
3: dunia materi/badan.


secara ideogram(icon/ikon/simbol) ?





Marga Tribuana, dalam pengolahan bersama telah menebar benih di Eropah Afrika, Amerika latin dengan "workshop" kerja olah bersama gaya Tribuana.
Membaca dengan cerna, makan makanan "quick-food" , semua serba cepat, apa hasil kesimpulan yang akan memutus aksi? Demonstrasi masa?Masa rakyat me masyarakat.

ditahun 2017 ini, gerakan masa didunia sedang belajar dengan kegairahan mencandu menunggangi hasil inteligensi technologi,  hasil kepercayaan yang dijakini mengagema...agama. Tertulis dans sedang terus ditulis dari dulu hingga kini bahwa ditimur tengah, di Jerusalem dengan 3 agama belum mampu memberi kedamaian. 
Maka bila teknologi dan agama, inteligence/kecerdasan otak dan kepercayaan tidak mampu mendamai diri sendiri, maka berjaga-jagalah dengan siaga, memurni membersih kesadaran. Baju putih atau baju hitam tidak menjamin kesucian atau kemalaikatan, tidak menjamin sorga atau neraka. 
haaaa, SORGA dan NERAKA itu ciptaan manusia semata-mata, se MATA Hari dan MATA MALAMnya tak tersilau atau tak tenggelam dalam kilauan dan kegelapan.

Yin Yang, positip negatip, langit bumi, terang gelam, siang malam ( 1 HARI = 1 siang+1malam), tambah kurang, + - , nanti dulu, masa depan masa lalu, kiri (politik komunis/demoskratos) atau kanan (politik fasis/fanatik/diktator), .....dsb. yang dua bertentangan saling melengkapa bagai tangan kiri tangan kanan, kaki kiri kaki kanan, ..... melangkah kedepan sikaki saling bergantian menang kalah, meraih dengan tangan memangku dikedua telapak mencakup, OM Swasty Astu = semoga didiri dan disemesta "baik" ada nya.

(akan bersambung-mengembang, artikel tumbuh sendiri secara alami, berkat pengolahnya)



0 Comments:

Post a Comment

<< Home